Rabu, 05 Desember 2012

Strategi Lini Produk dalam Chocolate Wars



Strategi Lini Produk dalam Chocolate Wars
Oleh    : Masetya Mukti P056111863-EK10
Dosen  : Prof Ujang Sumarwan, MSc.


         Lini produk adalah serangkaian produk dan jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Lini produk cenderung berkembang sepanjang waktu, saat perusahaan menyadari kebutuhan konsumen yang lain.


Pada awal sejarah Milton Hershey Snavely mendirikan perusahaan cokelat pada tahun 1894. Produk yang dijual oleh perusahaan Hershey yaitu pada tahun 1907, Hershey memperkenalkan permen baru, kecil datar berbentuk potongan -potongan cokelat yang diberi nama Hershey Kiss, kemudian produk berkembang terus yaitu dengan adanya produk Snickers, Three Musketeers. Dan produk yang sangat inovatif yaitu produk Desert Bar yang merupakan cokelat yang tidak meleleh pada suhu 140 derajat fahrenheit dan dijadikan untuk konsumsi tentara Amerika yang berperang di Timur Tengah. Sedangkan Mars awalnya menjual nugat dimana bahan bakunya berasal dari perusahaan Hershey. Namun semakin mapannya perusahaan Mars akhirnya memutuskan hubungan kerjasama tersebut dan terus mengembangkan produk cokelatnya yaitu salah satu produk yang sangat terkenal "M&M"

Di dalam video chocolate wars (perang coklat) yang terjadi oleh perusahaan besar antara Hershey dengan Mars disertai dengan perusahaan-perusahaan kecil yang lain, dimana semuanya memiliki konsep bahwa produk yang dimuncukan yaitu coklat yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Terlepas dari bentuk persaingan yang melibatkan kedua perusahaan, kedua-duanya saling menerapkan strategi lini produk dengan cara memproduksi beberapa produk guna memperkuat posisi produk yang sudah ada. Awalnya coklat diproduksi untuk meraih pangsa pasar militer yang bertugas di timur tengah, akan tetapi kemudian dikembangkan untuk meraih masyarakat umum dengan mengembangkan produk sejenis yang berbeda merk.
Kalimat inspiratif yang ada di video chocolate wars adalah “Minyak dan air tidak bisa bersatu, akan tetapi hal ini dibantah dengan produk susu coklat”. Arti yang terkandung di dalam kalimat tersebut adalah bahwa secara teori minya dan air tidak bisa bersatu menjadi sebuah larutan karena perbedaan masa jenis, akan tetapi perusahaan Mars melakukan penelitian terus menerus untuk menciptakan inovasi untuk produk coklatnya, hingga terciptanya produk susu coklat. Perlu diketahui bahwa susu coklat dihasilkan dari minyak biji kakao yang diperoleh dari proses penyangraian kemudian dipress untuk dipisahkan minyaknya, disamping itu melalui proses destilasi, kemudian minyak tersebut dicampur bahan-bahan lainnya yang sebagian besar air. Disini lah letak inovasi konsep tersebut menghasilkan sebuah bahan baku baru yaitu susu coklat.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar